Kamis, 09 Februari 2012

Khasiat Minyak Zaitun



KHASIAT MINYAK ZAITUN | MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KECANTIKAN | MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN
Buah zaitun atau Oleaeurofea; dengan ketinggian kira-kira 3 meter, daunnya hijau terang, dan buah yang masak ranum berwarna ungu kehitaman, amat sangat kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan zat besi.
Dalam dunia kecantikan, minyak zaitun atau olive oil memiliki andil yang sangat besar. Khasiat minyak zaitun tidak hanya untuk urusan kecantikan saja, namun demikian juga halnya dalam dunia kesehatan.
Berikut adalah khasiat minyak zaitun untuk kecantikan :
- Menyuburkan rambut : Konon di masa lalu dipraktikkan oleh Cleopatra. Caranya bisa dicampurkan dengan penggunaan sampo yang biasa dipakai sehari-hari kemudian bilas hingga bersih.
- Melembabkan wajah kering dan kusam : Buah zaitun mengandung minyak sebesar 15% sehingga mampu melembabkan kulit dengan baik. Kelembapan tersebut akan menjaga elastisitas kulit sehingga meminimalkan munculnya keriput dini. Ada yang melakukannya dicampur dengan bahan lain, seperti buah alpukat dan ada pula yang langsung mengoleskan minyak zaitun murni ke wajah.
Oleskan secara merata sambil dipijat di permukaan wajah hingga leher setiap malam dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Apabila dilakukan secara teratur, kulit wajah pun akan terlihat lebih segar.

- Menjaga kesehatan kulit tubuh : Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya.
Sedangkan khasiat minyak zaitun bagi kesehatan adalah mencegah timbulnya penyakit jantung dengan mengendalikan kadar LDL [kolesterol jahat] dan meningkatkan kadar HDL [kolesterol baik] dalam darah.
Cara Menyimpan Minyak Zaitun : Simpanlah minyak zaitun dalam tempat yang dingin dan gelap, dalam botol yang tertutup rapat. Oksigen dapat membuat minyak menjadi tengik. Seperti minyak yang lain, minyak zaitun dapat menjadi tengik jika terkena udara, cahaya atau panas yang tinggi.
Adapun Jenis Minyak Zaitun adalah sebagai berikut :
Ekstra Murni [Extra Virgin] – dianggap sebagai yang terbaik, paling sedikit diproses, minyak dihasilkan dari hasil perasan buah zaitun yang pertama.
Murni [Virgin] – dari hasil perasan yang kedua.
Alami [Pure] – melewati beberapa proses, seperti penyaringan dan penyulingan
Ekstra Ringan [Extra Light] – mengalami beberapa jenis proses dan hanya meninggalkan aroma zaitun yang ringan.
Sumber : rumahcantikcitra.co.id dan berbagai sumber lainnya

Tidak ada komentar: