Rabu, 18 Juli 2012

Agar Blog Baru Ramai Dikunjungi

Salah satu harapan seorang blogger adalah agar blognya sering dikunjungi oleh para websurfer. Blog yang “berhasil” adalah blog yang ramai oleh para pengunjung, baik yang iseng, kesasar, sampai yang benar-benar punya niatan berkunjung. Yah, walaupun blog ini tidak ramai dikunjungi, tapi akan ane ceritakan beberapa cara atau tips atau trik agar blog menjadi sedikit lebih “ramai”, terutama jika blog Anda masih terhitung baru.

Salah satu parameter seringnya blog dikunjungi adalah banyaknya komentar. Bukan patokan utama memang, mengingat tidak semua pengunjung akan meninggalkan komentarnya. Namun banyaknya komentar yang muncul bisa digunakan sebagai ukuran keberhasilan suatu blog. Juga merupakan sebuah kebanggaan kesenangan tersendiri saat tulisan kita ramai dikomentari orang, walaupun komentarnya bernada menentang, atau hanya komentar sampah dan spam :)

Maka, berikut saya sampaikan beberapa tips dari ane agar blog baru Anda banyak pengunjung dan komentarnya.

1. Buatlah tulisan yang bermanfaat

Ini yang susah dan perlu pengorbanan berat. Namun blog Anda akan ramai dikunjungi jika Anda membuat tulisan yang menarik walaupun frekuensi posting masih jarang. Jangan terlalu panjang juga. Kalau memang belum mampu, copy-paste saja dengan syarat tetap mencantumkan sumbernya. Dan jangan membuat blog yang isinya hasil kopian doang.

Ane pernah posting sebuah tulisan hasil kopian sebuah situs, dan hasilnya luar biasa, dan merupakan rekor tertinggi kunjungan di blog ini. Namun, bagaimanapun juga tulisan hasil karya sendiri akan lebih baik.

2. Jangan terlalu sering posting

Ya, jika blog Anda memang masih blog “kemarin sore” alias belum lama dan belum memiliki rating dan relasi yang banyak (seperti saya). Pengalaman ane, kalau terlalu sering posting (misalnya beberapa kali sehari), komentar yang muncul tidak akan banyak. Biarkan satu tulisan Anda bertahan selama beberapa hari, agar search engine sempat mengindeks tulisan Anda dan teman Anda pun sempat meninggalkan komentar. Tapi jangan sampai lebih dari seminggu supaya blog Anda tidak dicap “jarang di-update”.

3. Potonglah tulisan Anda di halaman depan

Maksudnya, jangan menaruh tulisan lengkap di halaman depan blog. Potonglah tulisan sehingga yang tampil di halaman depan adalah paragraf awal saja atau prolog tulisan, dan pengunjung harus mengklik “Read More” atau sejenisnya untuk membaca tulisan lengkap. Kenapa? Karena jika Anda menggunakan WordPress, kotak untuk mengetik komentar baru akan muncul setelah Anda mengklik judul tulisan atau “Read More” tersebut.

Jika Anda menaruh tulisan utuh di halaman depan, kemungkinan pengunjung tidak akan meninggalkan komentar karena kotak isian komentar tidak muncul. Jadi, dengan cara ini pengunjung seperti “dipaksa” untuk membaca tulisan lengkap dan meninggalkan komentarnya.

4. Sering-seringlah meninggalkan komentar di blog lain

Seringlah main ke blog lain, dan tinggalkan komentar disana. Bila perlu sertakan link ke alamat blog Anda. Jangan cuma sekali, misalnya “salam kenal” saja. Lakukanlah secara rutin dan jadilah “komentator tetap” di blog teman Anda tersebut. Insyaallah teman Anda tersebut juga akan menjadi “komentator tetap” di blog Anda. Saya sendiri sudah membuktikannya :)

Selain itu, ikutilah forum, milis, atau perkumpulan blogger dan saling bertukar link antar anggota.

5. Rajinlah membalas komentar pengunjung

Hal ini akan membuat blog Anda seolah-olah terurus. Juga menunjukkan penghargaan Anda kepada pengunjung blog yang sudah bersusah payah meninggalkan komentar.

6. Pakailah WordPress :)

Jangan pakai blogger/blogspot :) Kata orang, blogspot sangat merepotkan saat hendak menulis komentar. Saya juga agak kerepotan saat hendak menulis komentar, ada yang harus login dulu, ada yang perlu halaman khusus untuk berkomentar, dan sebagainya. Jangan pakai multiply juga :) karena multiply sangat tertutup dan hanya yang punya account multiply saja yang bisa meninggalkan komentar.

Pakailah WordPress :) karena sangat mudah dan terbuka dalam hal komentar-komentaran. Kotak komentar langsung dibawah tulisan, dan Anda hanya perlu mengisi nama dan email saja, kecuali sang admin blog tidak mengizinkan.

Mungkin hanya itu tips yang saya punyai; trik yang selama ini ane terapkan di blog ini (kecuali tips pertama), dan seperti inilah rata-rata hasilnya, yaitu kira-kira 7 komentar per tulisan. Sudah lumayan untuk ukuran blog-blogan yang belum genap setahun berdiri.

Bila Anda punya trik-trik tersendiri, silakan berbagi dengan kami…

Tidak ada komentar: