Rabu, 18 Juli 2012

3 (tiga) Hal Yang Menyebabkan Blog Anda Tidak bisa Diakses

3 (tiga) Hal Yang Menyebabkan Blog Anda Tidak bisa Diakses

Saat sedang sibuk melakukan optimasi SEO pada intuisiblog.com, tiba-tiba muncul tulisan bahwa intuisiblog.com tidak bisa diakses. Padahal pada saat itu detik-detik terakhir mengikuti kontes SEO Indonesia Pancen Houye. Beruntung blog saya masih menduduki posisi kedua. Baca artikel saya mengenai SERPpengumuman pemanang Kontes SEO Indonesia Pancen Houye.
Setelah googling, saya menemukan jawaban dari Klikhost.com mengenai hal Yang Menyebabkan Blog Anda Tidak bisa Diakses. Ternyata ada 3 (tiga) Hal Yang Menyebabkan Blog Anda Tidak bisa Diakses, antara lain :
Server –> Jaringan Internet –> User
Dari 3 (tiga) Hal Yang Menyebabkan Blog Anda Tidak bisa Diakses, kita bisa identifikasi sendiri apa yang jadi penyebab masalah ini.
1. Server hosting memang DOWN
Cara tercepat untuk memastikan apakah hosting Anda down adalah dengan bertanya pada provider hosting Anda. Tanyakan apakah server memang down atau tidak. Jika ternyata jawabannya lama, Anda bisa cek sendiri dengan menggunakan proxy. Semisal hidemyass.com ataupun zendproxy.com. Jika memang juga tidak bisa diakses lewat proxy, maka Anda harus segera beritahu admin hosting Anda. Tetapi jika web Anda bisa dicek lewat proxy, berarti server tidak down.
2. IP Address Anda diblokir oleh salah satu HOP
Perjalanan akses dari PC Anda menuju server tentunya melalui beberapa lintasan router yang disebut sebagai HOP. Jika IP Address anda ternyata diblokir oleh salah satu HOP/Router tersebut maka secara otomatis Anda tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju server. Yang sering jadi masalah adalah pada HOP ISP Anda.
Nah caranya tahu dimana letak putusnya koneksi Anda ke server adalah dengan menggunakan perintah TRACE ROUTE.
Caranya yaitu (pada windows) :
1. Start -> All programs -> Accesories -> Command Prompt
2. Ketikkan : tracert namadomain.com
Akan muncul lintasan router. Dan jika hasilnya tidak ada yang terputus,maka…
3. IP Anda terblokir oleh firewall server
Ini adalah kemungkinan yang sering terjadi sekarang. Terutama pada hosting cPanel. IP Anda terblokir otomatis oleh server akibat :
- Akses yang terlalu tinggi sehingga server menganggapnya sebagai salah satu bentuk ddos
- Login ke cPanel/FTP/Email dengan menggunakan username dan pasword salah lebih dari 5 kali
Solusinya yaitu tanyakan pada provider Anda apakah IP ISP Anda terblokir oleh server. Cara mengetahui IP ISP Anda adalah dengan membuka www.whatismyipaddress.com
Jangan lupa dukung KOMODO ISLAND IS THE NEW 7 WONDERS OF THE WORLD. Semoga bermanfaat

Artikel Kami Lainnya:

Tidak ada komentar: